DESAIN LANDMARK MONUMENTAL: MONUMEN KORA KORA

DESAIN LANDMARK MONUMENTAL: MONUMEN KORA KORA

Desain yang kita bahas kali ini adalah desain untuk sayembara nasional monumen kora-kora yang berlokasi di Kota Maba Halmahera timur, Maluku Utara.

Terletak di kota Maba Halmahera timur, lokasi monumen ini ini berada di ruang terbuka hijau pada kawasan pusat pemerintahan Kota Maba, dan jalan melingkar yang merupakan pertemuan jalan utama kota.

Monumen ini mengadaptasi dari kora-kora yaitu perahu khas dari Maluku. Sebagai icon semangat Kota Maba. Perwujudan sculpture ini memiliki bentuk ramping dan memanjang, seperti siluet dari perahu armada kora-kora.

Barisan pilar di kanan kirinya melambangkan gerak serasi ayunan dayung yang penuh semangat kebersamaan, gotong royong dalam berkarya untuk kemajuan di masa mendatang. Orientasi monumen ke arah vertikal melambangkan perahu yang membelah ombak sebagai ekspresi harapan menyongsong masa depan yang cerah.

Pola landscape yang berkontur dan berkelok, menggambarkan kepulauan laut Halmahera yang dilalui oleh kegagahan armada kora-kora. Sedangkan kanopi dari struktur tenda, melambangkan kibaran bendera yang menyemangati armada kora-kora, serta secara fungsi memberikan keteduhan aktivitas di bawahnya. Pada bagian pedestal monumen berfungsi sebagai museum mini sejarah kota yang juga memajang relief catatan historis kota.

Selain menjadi landmark kota, fungsi area ini juga menjadi ruang hijau yang menjadi paru-paru kota, area olahraga dan rekreasi, ruang eksibisi dan pusat interaksi warga kota. Jalur pedestrian sekaligus menjadi jogging track untuk aktivitas olahraga warga sekitar.

Diharapkan landmark ini memberikan identitas yang kuat bagi kota Maba.

Untuk melihat lebih lanjut, bisa dilihat youtube Monumen Kora-kora Halmahera Timur.