Design Home Office 4.0

Design Home Office 4.0

Memasuki era internet konektivitas tinggi di Indonesia, beberapa bidang pekerjaan misalnya industri kreatif, memiliki fleksibilitas dalam lokasi bekerja. Artinya, fungsi sebuah rumah bisa jadi memiliki kegunaan yang fleksibel menjadi tempat bekerja.

Apabila dari awal sudah kita desain pengaturan struktur dan layout yang open plan, hal ini memungkinkan perubahan fungsi dari yang tadinya berupa kamar-kamar bisa diubah menjadi fungsi kantor. Dan jadilah sebuah home office.

Rumah rumah yang berada di daerah Kebayoran ini kita desain multifungsi, gabungan rumah dan kantor dengan privasi yang tetap terjaga. Luas tanah adalah 160m2, dengan luas bangunan 150m2. Bangunan kita desain modern, simple dengan permainan bidang kubus dan dan dinding roster. Bidang kubus ini kita pecah menjadi tiga bagian sesuai dengan jumlah tiga kamar pada lantai 2. Bidang yang maju mundur menciptakan bayangan pada bangunan, sehingga visual bangunan terlihat lebih tegas.

Memanfaatkan sempadan bangunan, bagian samping rumah kita manfaatkan menjadi kolam renang supaya kita selalu fit. Dari pintu masuk melalui foyer sebagai area perantara, kita bertemu dengan living room dan ruang makan. Antar ruangan dibuat terbuka supaya ruangan terasa lega. Terdapat pantry yang didesain simpel dengan maintenance yang mudah. Master bedroom dibuat simple namun tetap cozy.

Pada lantai 2, terdapat 3 kamar anak dengan mural bertema casual, dan ruang baca di ujung ruangan. Fungsi kamar ini didesain simple dan compact.

Pada fungsi kantor, dnding gypsum kamar dibongkar menjadi small office lengkap dengan area santai. Reading corner pada void kemudian dialihfungsikan menjadi small meeting room.

Akses menuju office kita pisah, supaya privasi tetap terjaga Void yang tinggi memberikan kesan ruangan lebih luas dan mengalir. Dengan permainan cahaya indirect lighting, bangunan terlihat lebih elegan dan menarik.

Untuk lebih lanjut, bisa dilihat pada youtube berikut.